Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Sebagai Gaya Hidup Sekarang



Manfaat puasa guna kesehatan semakin diperkuat oleh hasil riset mutakhir bahwa puasa adalah gaya hidup sehat. Tak bisa dipungkiri lagi puasa adalahsalah satu keperluan dasar hidup manusia. Jadi bila orang tidak pernah berpuasa maka bakal rugi.

manfaat puasa guna kesehatan Puasa bisa dimaknai pantang atau memberi batas terhadap sesuatu. Dalam agama Islam puasa adalah salah satu rukun Islam yang bermakna pantang makan, minum, dan senggama(bagi suami istri) dengan niat ibadah untuk Tuhan , semenjak imsak pagi-pagi sekali hingga tiba masa-masa magrib.

Suatu gaya hidup disebutkan sehat bila mengisi kriteria bisa memperpanjang usia dalam suasana sehat, merawat daya tahan tubuh tetap prima, meningkatkan kebugaran, menunda dan menghambat munculnya sekian banyak  penyakit degeneratif , serta meringankan bebagai penyakit berhubungan gizi.

Kajian guna puasa guna kesehatan dan kedudukan gizi lazimnya didasarkan dari hasil riset menggunakan fauna percobaan, dengan definisi bahwa hasil riset tersebut bisa diterapkan pada manusia.

Puasa Memperpanjang Usia

Pada haria biasa kita santap tiga kali sehari. Namun pada ketika menjalankan ibadah puasa kita melulu makan dua kali sehari semalam. Begitupula jumlah camilan yang dimakan jauh berkurang dari hari biasa.
Pada ketika puasa terjadi pengurangan asupan energi selama 20 sampai 30 persen, dengan kata lain masukan energi pada ketika puasa melulu dalam kisaran 70 sampai 80 persen. Ciri-ciri asupan lebih rendah dari biasanyaialah pada ketika akhir bulan puasa berat badan anda menjadi lebih rendah.

Penelitian pada fauna percobaan memperlihatkan bahwa pengurangan energi sejumlah 20 sampai 30 persen ternyata menghasilkan perpanjangan usia atau umur 30 sampai 60 persen. Dengan asumsi asupan zat gizi tetap seimbang.

Hasil riset yang lebih mengherankan lagi pada tikus percobaanmengindikasikan bahwa komsumsi energi selama 80 persen dari normal atau setara masa-masa puasa bisa menurunkan bisa jadi tumor serta tercapainya usia yang lebih panjang. Ini membuktikan guna puasa yangdapat memberi kontribusi memperpanjang usia.

Puasa Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat Puasa ternyata pun mampu menambah daya tahan. Penjelasannya ialah pengurangan konsumsi kalori akan dominan  pada menurunnya laju metabolisme energi. Hal ini terjadi sebab pada masa-masa berpuasa maka suhu tubuh bakal turun. Dengan demikian pun akan meminimalisir konsumsi oksigen.

Manfaat lain untuk kesehatan tubuh ialah bahwa puasa bakal memproduksi senyawa oksigen yang mempunyai sifat racun (radikal bebas oksigen). Risetmengindikasikan bahwa tiga persen dari oksigen yang dipakai sel bakal menghasilkan radikal bebas oksigen. Dengan demikan akan meningkatkan penumpukan oksigen racun laksana anion superoksida(O2-) dan hidrogen peroksida(H2O2) yang terjadi secara alamiah.

Puasa Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat puasa guna kesehatan antara lain pun mengurangi resiko terpapar penyakit diabetes Tipe II, penyakit jantung dan stroke.

Mekanismenya ialah sebagai berikut. Pengamatan pada monyet percobaan memperlihatkan bahwa puasa (pengurangan konsumsi kalori makanan sejumlah 30 persen dari normal) secara fisiologis akan meminimalisir sirkulasi hormon insulin dan kadar gula dalam darah.

Hormon insulin antara lain bermanfaat mengatur kada gula dalam darah tetap ddalam situasi normal.
Puasa pun dapat membetulkan kolesterol darah. Hasil riset mengindikasikan bahwa puasa dapat menambah kadar kolesterol HDL atau kolesterol sehat sejumlah 25 titik dan menurunkan lemak triggliserol sejumlah 20 titik. Trigiserol adalah bahan pembentuk kolesterorl LDL yang jahat atau tidak baik untuk tubuh. Ada lagi yang mengadukan bahwa puasa berfungsi menurunkan desakan darah ketingkat normal.

Artinya andai Anda berpuasa dengan benar santap akan mendapatkan guna puasa guna kesehatan yaitu menambah daya tahan tubuh, memperpanjangumur dan meminimalisir resiko terpapar penyakit jantung atau terserang stroke.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel