Ini 5 Manfaat Sauna yang Perlu Anda Ketahui


Sauna telah dikenal semenjak ribuan tahun kemudian dan sampai hari masih tetap populer. Tak melulu sekadar menciptakan Anda berkeringat, sekian banyak  penelitian ternyata mengejar bahwa sauna alias mandi uap menawarkan tidak sedikit manfaat guna kesehatan tubuh Anda. Apa saja? Simak sekian banyak  manfaat sauna dalam tulisan ini.

Manfaat sauna menurut penelitian
Sauna ialah sebuah ruangan eksklusif yang dipanaskan dengan suhu tinggi salah satu 70 hingga 100 derajat Celcius. Tak heran andai mandi uap dapat mendongkrak suhu tubuh Anda sampai mencapai 40 derajat Celsius. Suhu tubuh yang meningkat mengakibatkan pembuluh darah melebar, sirkulasi darah mengalir lancar, keringat terbit lebih tidak sedikit sehingga Anda juga menjadi lebih relaks.

Secara umum, suatu jurnal tinjauan buku (systematic review) memutuskan bahwa mandi dry sauna secara teratur dapat menolong menurunkan desakan darah (sistolik dan/atau diastolik), menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), dapat meminimalisir stres, serta dapat meningkatkan toleransi rasa nyeri. 

Berikut ialah berbagai guna sauna yang butuh Anda ketahui:


1. Menurunkan desakan darah

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Hypertension mengindikasikan bahwa mandi uap sekitar 30 menit dapat menolong menurunkan desakan darah sistolik (angka atas) dan desakan darah diastolik (angka bawah). Tak melulu itu, semua peserta yang dilibatkan dalam penelitian pun diketahui mempunyai tekanan darah sistolik yang ingin tetap rendah sekitar 30 menit sesudah mandi uap. Hal ini terjadi sebab suhu panas yang didapatkan ketika mandi uap dapat menolong melebarkan pembuluh darah sampai-sampai memperlancar sirkulasi darah.

Namun, andai Anda hendak mendapatkan guna sauna satu ini, terdapat baiknya guna berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, mandi uap tidak dianjurkan untuk orang yang mempunyai riwayat desakan darah tinggi dan penyakit jantung.


2. Meredakan nyeri

Selain menolong menurunkan desakan darah, sirkulasi darah yang lancar sebab mandi uap pun dapat meminimalisir rasa nyeri di tubuh. Hal ini mengacu pada suatu studi yang diterbitkan di jurnal Alternative and Complementary Medicine. Berdasarkan riset tersebut diketahui bahwa sauna dapat menolong meredakan nyeri dan meringankan fenomena sakit kepala tegang yang kronis.

Meski diperlukan penelitian lebih lanjut guna meyakinkan guna sauna satu ini, semua peneliti percaya bahwa mandi uap ialah salah satu teknik sederhana guna mengurangi sekian banyak  nyeri kronis tergolong nyeri otot dan sendi.


3. Mempercepat pemulihan tubuh sesudah olahraga

Pada sebuah riset yang diterbitkan dalam jurnal Springerplus, mandi uap dengan memakai teknik tradisional ataupun inframerah bisa mempercepat pemulihan tubuh sesudah olahraga. Hal ini terjadi sebab mandi uap menolong memperbaiki jaringan otot yang merasakan cedera sesudah olahraga.

Bahkan, satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Kinetics mengejar bahwa mandi uap sekitar 30 menit dapat memicu hormon perkembangan (HGH) pada wanita, yang bermanfaat untuk memecah lemak dan menyusun otot.


4. Meredakan stres

Berdasarkan keterangan dari terapis dari New York, Kathryn Smerling, Ph.D, meskipun tidak benar-benar menghilangkan stres, mandi uap dapat jadi di antara tempat menepi untuk mendinginkan diri. Suhu ruang yang hangat dan keadaan tenang dapat menciptakan Anda lebih relaks dan nyaman.

Satu riset yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine bahkan mengejar bahwa mandi uap dapat menambah relaksasi pada pasien dengan depresi.

Hal ini sebetulnya tidak mengherankan. Pasalnya, segala urusan yang menciptakan jiwa dan benak Anda lebih tenang dan damai akan menyerahkan efek positif pada kesehatan mental Anda. Kathryn menambahkan bahwa guna sauna guna kesehatan barangkali tidak begitu tampak pada awalnya. Namun, seiring waktu, mandi uap bisa memengaruhi kesehatan mental kita secara berarti.


5. Menurunkan kolesterol

Jika sesudah check up diketahui bahwa kadar kolesterol kita tinggi, Anda dapat mempertimbangkan mandi uap untuk menolong menurunkan kolesterol.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Medicine dan Environmental Health mengejar bahwa seseorang yang teratur mandi uap sekitar 20 hari diketahui bahwa kadar kolesterol totalnya merasakan penurunan. Hal ini menciptakan para peneliti memutuskan bahwa guna sauna serupa dengan mengerjakan latihan jasmani intensitas sedang.

Meski begitu, bukan berarti kita tak membutuhkan latihan jasmani secara berkala. kita tetap dianjurkan untuk aktif bergerak dan rutin mengerjakan latihan jasmani untuk menghanguskan lemak jahat yang menempel di tubuh. Di samping aktif bergerak, tidak boleh lupa simaklah asupan makanan kita juga.


Risiko di balik guna sauna

Meski menawarkan tidak sedikit manfaat guna kesehatan tubuh, mandi uap pun mempunyai risiko yang tak boleh disepelekan. Mandi uap dapat mengakibatkan tekanan darah turun sampai-sampai orang-orang dengan desakan darah rendah mesti berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna meyakinkan ketenteraman sauna.

Di samping itu, mandi uap juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi dampak kehilangan cairan ketika berkeringat sebab sauna. Orang dengan situasi tertentu, laksana penyakit ginjal, barangkali berisiko lebih tinggi merasakan dehidrasi.


Sebelum sauna, simaklah ini dulu

Mengingat adanya risiko di balik guna yang ditawarkan, maka tak seluruh orang boleh mandi uap. Pada dasarnya mandi uap melulu diperuntukkan untuk orang-orang yang fit dan memiliki situasi kesehatan normal. Jika kita mempunyai riwayat penyakit jantung kronis dan desakan darah yang tidak terkontrol, sauna barangkali tidak aman guna dilakukan. Silakan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk meyakinkan keamanannya untuk Anda.

Pastikan kita tidak mandi uap lebih dari 30 menit. Agar tehindar dari dehidrasi, Anda mesti mengisi asupan cairan dengan minum tidak sedikit air putih sebelum dan setelah mandi uap. Apabila saat mengerjakan sauna tiba-tiba kita merasa tidak cukup fit, segera sudahi pekerjaan ini. Hindari minum alkohol sebelum atau sekitar sauna karena urusan itu dapat menciptakan tubuh kita panas dan dehidrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel