Latihan Otak untuk Cegah Pikun Dini


Otak adalah salah satu organ crucial dalam tubuh. Salah satu faedah otak ialah untuk berpikir, dengan beranggapan terus-menerus dapat membantu memperlambat penurunan faedah kognitif yang mengakibatkan pikun.

"Otak kita tidak boleh pernah diistirahatkan, gunakan terus guna mikir. Baca, belajar hal-hal yang baru," ujar dokter spesialis saraf dari Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr Gea Pandhita, MKes, SpS di Restoran Asiatale, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/four/2018).

Ada tidak sedikit cara untuk mengajar otakmu supaya tetap sehat. Pilih di antara dari pelajaran berikut yang anda suka dan cocok dengan kemampuanmu.

1. Main Puzzle
Segala jenis puzzle, baik angka, huruf, maupun gambar dapat menolong otakmu terus bekerja. Tujuan utama dari bermain puzzle ialah terus menstimulasi benak dan meningkatkan keterampilan mengingat.

Ada tidak sedikit permainan puzzle, laksana teka-teki silang (TTS), scribble, sudoku, permainan koordinasi dan puzzle merangkai gambar.

Di samping itu, puzzle pun menstimulasi faedah pertimbangan dan solusi masalah. Kedua bagian itu adalahbagian yang kesatu kali rusak sebab demensia.

2. Belajar urusan baru
Pernah dengar ungkapan "kamu tak pernah terlampau tua guna mempelajari urusan baru"? Yap, ungkapan itu benar dan anda tak butuh pergi ke sekolah guna mempelajari urusan baru.

Kemampuan guna belajar adalahpenanda benak yang sehat. Kalau anda terus belajar, berarti otakmu bakal terus sehat sebab ada banyan neuron baru yang terproduksi.

Mulailah merasa 'haus' bakal hal-hal baru, ikuti sejumlah pelatihan, seminar, atau ikut les-les kecil yang menarik. Meningkatnya keterampilan mengingat jangka panjang dapat mencegah demensia.

3. Baca Buku
Bacalah kitab apapun cocok yang anda suka. Perilaku, faedah memori, dan memori meningkat ketika kita menyimak buku. Dan walau sama-sama memberi informasi, tetapi membaca kitab lebih baik guna otakmu daripada menonton.

Berdasarkan keterangan dari situs DHB, peneliti mengejar adanya kegiatan otak pada seluruh kumpulan umur secara langsung berkorelasi dengan menyaksikan TV, padahal dapat menurunkan faedah otak yang jadi penyebab demensia.

4. Main bareng anak-anak
Anak-anak mempunyai khayalan yang powerful dan jelas, yang secara langsung berhubungan pada ingatan. Dengan bermain bareng anak-anak maka anda akan langsung menjadi unsur dari dunia mereka.

Saat bermain dengan anak-anak, lazimnya orang dewasa bakal tidak terlampau stres. Ini sebab tekanan darah, hormon kortisol, denyut jantung, dan degree stres semuanya menurun, tetapi hormon serotonin di benak meningkat.

5. Olahraga
Sebuah studi dilaksanakan di Swedia memperlihatkan wanita lanjut umur terlihat lebih bugar saat lebih rajin berolahraga.

"Penemuan ini paling menarik sebab sangat barangkali bahwa menambah kebugaran kardiovaskular orang-orang umur paruh baya bisa menunda atau bahkan menangkal mereka dari terpapar alzheimer," kata Helena Hörder. Kamu dapat lakukan olahraga apapun untuk mengawal otakmu supaya tetap sehat dan badan tetap bugar, contohnya dengan mengerjakan yoga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel